Translate

Senin, 23 April 2012

Tugas tentang seleksi alam by Darwin book

TUGAS BIOLOGI UMUM II
CHARLES DARWIN, THE ORIGIN OF SPECIES
“ CAHAPTER IV : SELEKSI ALAM ”



DI SUSUN
OLEH
NAMA : 1. RAHMAT PRATAMA (08111004027)
(KETUA KELOMPOK)
                   2. FETRIK SIMARMATA (08111004044)
             3. IRWAN
             4. MAHADI KRISTIANTO
             5. PORMANSYAH
DOSEN PEMBIMBING : Dr. INDRA YUSTIAN, S.Si., M.Si
JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
2012
BAB IV
SELEKSI ALAM
(SURVIVAL OF THE FITTEST)
            Prinsip seleksi alam yang begitu potensial di tangan manusia, akan kita lihat prinsip tersebut dapat juga bekerja secara efisien sekali terhadap alam. Manusia tidak dapat menciptakan varietas, dan juga tidak pernah dapat mencegah terjadinya varietas tersebut. Manusia hanya dapat melestarikan dan memperbanyak seperti yang telah terjadi. Secara kebetulan manusia membawa makhluk organic pada kondisi kehidupan baru yang berubah dan keanekaragaman baru terjadi kemudian.
            Menurut Darwin, seleksi alam merupakan pelestarian perbedaan individu yang menguntungkan beserta variasinya, serta kehancuran yang menimpa mereka yang kurang beruntung atau survival of the fistest (kelangsungan hidup bagi yang paling sesuai). Variasi yang bukan karena berguna ataupun bukan karena merugikan, tidak dipengaruhi oleh seleksi alam dan akan tetap menjadi elemen yang berubah-ubah, sebagaimana yang bias kita lihat pada spesies polimorfis( melalui beberapa fase kehidupan) tertentu, atau yang akhirnya menjadi tetap, karena sifat organism dan sifat kondisinya.
            Banyak yang keberatan dengan  istilah tafsiran seleksi alam menurut Darwin, be berapa diantaranya menduga bahwa seleksi alam mengakibatkan keanekaragaman, padahal menurut Darwin, seleksi alam tersebut hanya berarti pelestarian varisi yang muncul dan menguntungkan bagi makhluk hidup di bawah kondisi kehidupannya. Proses seleksi alam di ibaratkan Darwin seperti kasus tentang sebuah yang mengalami sedikit perubahan cuaca, misalnya sejumlah besar penduduknya hampir semuanya akan mengalami perubahan itu seketika, dan beberapa spesies mungkin akan mati.
            Seleksi alam akan mengubah struktur dari yang muda dalam hubugannya dengan induknya, dan strukturnya dari yang tua dalam kaitannya dengan yang muda. Pada binatang yang hidup yang berkelompok atau bermasyarakat, seleksi alam akan menyesuaikan struktur setiap individu demi kepentingan seluruh masyarakatnya, apabila masyarakat tersebut di untungkan oleh perubahan yang dipilih. Apa yang tidak dapat dilakukan oleh seleksi alam adalah mengubah struktur suatu spesies tanpa memberikan keuntungan apapun pada spesies itu, demi kepentingan spesies lainnya.
            Struktur yang hanya sekali digunakan dalam kehidupan binatang, jika amat penting artinya, dapat di ubah oleh seleksi alam sampai tingkat tertentu.misalnya rahang besar yang dimiliki oleh serangga tertentu, digunakan secara khusus untuk membuka kepompong, atau ujung keras paruh pada burung yang belum menetas digunakan untuk memecahkan telur.
Seleksi jenis kelamin
            Bentuk seleksi ini tergantung dari pada perjuangan antara individu dari satu jenis kelamin, biasanya jenis kelamin jantan, atau memiliki jenis kelamin lain, biasanya jenis kelamin jantan, untuk memiliki jenis kelamin lain, dan bukan dari tergantung pada perjuangan hidup yang berkaitan dengann makhluk organic lain atau berkaitan dengan kondisi luar. Hasilnya bukan berarti kematian bagi pesaing yang kalah, akan tetapi hanya sedikit atau tidak mempunyai keturunan.
            Darwin menyakini bahwa, apabila si jantan dan si betina dari setiap hewan apa saja mempunyai kebiasaan hidup yang umumnya sama, akan tetapi berbeda struktur, warna dan hiasannya, maka perbedaan seperti ini pasti telah di sebabkan oleh seleksi jenis kelamin : yakni, dengan kelebihan sedikit lebih unggul yang dimiliki si jantan yang satu dari pada si jantan lainnya selama beberapa generasi berturut-turut, baik dalam hal senjata, cara mempertahankan diri, atau daya pesonanya yang telah mmereka wariskan kepada keturunannya yang jantan saja.
Ilustrasi kerja seleksi alam atau survival of the fittest
            Untuk memperjelas bagaimana kerja seleksi alam, Darwin mengambil kasuss  seekor serigala, yang memangsa berbagai jenis binatang, ia memperoleh mangsanya sebagian dengan tipu muslihat, sebagaimana dengan kekuatan, dan sebagian dengan kecepatan. Dan marilah kita misalkan bahwa mangsa yang paling cepat larinya, seekor rusa misalnya, bertambah jumlahnya karena suatu perubahan yang dialami suatu Negara, atau mangsa yang lain berkurang jumlahnya selama musim tahun itu pada saat srigala sangat menderitakelaparan. Dalam keadaan seperti itu maka srigala yang paling cepat dan paling ramping akan memiliki kesempatan terbaik untuk tetap hidup, dan dengan demikian akan terlindungi atau terpilih, asalkan srigala tersebut tetap memiliki kekuatan untuk menguasai mangsanya pada kurun waktu tahun ini atau tahun lainnya, bila mereka terpaksa mencari mangsa binatang lainnya.
            Darwin menambah bahwa menurut pierce, terdapat dua jenis serigala yang bermukiman di pegunungan catskill di amerika: jenis yang pertama adalah srigala yang menyerupai anjing greyhound yang ramping, ia mmemakan rusa, dan jenis yang kedua lebih besar dan kakinya lebih pendek, ia sering sekali memakan biri-biri.
Tentang Persilangan Individu
            Persilangan antara varietas yang berbeda atau antara individu dari varietas yang sama, dari garis keturunan lain, memeberikan kekuatan dan kesuburan pada keturunannya.beberapa spesies dari keluarga dan genus yang sama, berkelamin ganda (hermaprodit) dan ada juga yang berkelamin tunggal (unisex), meskipun seluruh strukturnya sama atau mirip sekali satu sama lain. Akan tetapi jika, sesungguhnya, semua hermaprodit memang kadang-kadang melakukan persilangan atau hubungan kelamin, maka perbedaan antara spesies hermaprodit dengan spesies unisex, adalah amat kecil.
Keadaan Yang Cocok Untuk Menghasilkan Bentuk Baru Melalui Seleksi Alam
            Seleksi alam berlangsung secara pelan-pelan sekali. Seleksi alam hanya akan berlangsung bila terdapat tempat dalam bentuk komunitas alam suatu distrik yang dapat dihuni secara lebih baik lewat modifikasi sebagian penghuninya yang ada.
            Meskipun daerah kecil terisolasi, dalam hal tertentu cocok untuk produksi spesies batu, tetapi proses modifikasi tetap akan lebih cepat pada daerah yang luas. Dan yang lebih penting, bahwa bentuk baru yang di hasilkan di daerah yang luas, dan yang biasanya lebih unggul dari pada pesaing-pesaing lainnya, akan menjadi spesies yang paling tersebar luas, dan akan meningkatkan varietas dan spesies baru dalam jumlah besar.
            Meskipun proses seleksi alam berlangsung pelan, jika rang yang lemah dapat berbuat banyak dengan seleksi tiruan, maka Darwin tidak dapat melihat adanya batasan terhadap jumlah perubahan, terhadap keindahan dan kerumitan saling bradaptasi atar semua makhluk organic, dan kondisi kehidupan fisiknya, yang mungkin telah terjadi dalam perjalanan waktu yang amat lama melalui kekuatan seleksi alam, yaitu dengan kelangsungan yang paling cocok.
Penyimpangan Sifat
            Dengan mengkaji sifat tanaman atau binatang yang telah berhasil dalm perjuangannya di Negara mana pun dengan keasliannya, dan telah beradaptasi di sana, maka kita memeperoleh gagasan yang masih mentah tentang cara bagaimana beberapa tanaman asli tersebut telah dimodifikasi agar memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada rekan-rekannya dari Negara asalnya, dan setidaknya kita dapat menarik kesimpulan bahwa diversifikasi struktur sebanyak perbedaan genus yang baru akan menguntungkannya.
Kemungkinan dampak hasil kerja seleksi alam melalui penyimpangan karakter dan kepunahan terhadap keturunan dari induk yang sama.
            Keturunan dari satu spesies yang telah di modifikasi akan jauh lebih berhasil karena strukturnya lebih berbeda sehingga akan mampu menguasai tempat-tempat yang didiami oleh makhluk hidup lainnya.
            Darwin mempercayai, bahwa dua genus atau lebih dihasilkan lewat keturunan dengan modifikasi, yang berasal dari dua spesies atau lebih dari genus yang sama. Dan dua spesies induk atau lebih dianggap berasal dari spesies dari genus sebelumnya.
Tentang tingkat kecenderungan organisme untuk maju.
            Jika struktur kita ambil sebagai standar tertinggi, maka jumlah perbedaan dan spesialisasi dari berbagai organ dalam setiap makhluk hidup ( dan ini akan mencakup kemajuan atau perkembangan otak untuk tujuan kecerdasan), jelas bahwa seleksi alam harus memenuhi standar ini : karena semua ahli fisiologi mengakui bahwa spesialisasi organ, sejauh tetap tetap bias melakukan fungsinya dengan baik, bermanfaat bagi makhluk hidup. Oleh karena itu, akumulasi variasi yang cenderung menuju spesialisasi berada dalam lingkup seleksi alam.
IKHTISAR    
            Semua tanaman dan semua binatang diseluruh tempat dan waktu harus saling berhubungan dengan cara yang kita pegang bersama dimana-mana, yakni dikalangan varietas-varietas dari spesies yang sama, yan sangat erat hubugannya, atau spesies-spesies dari genus yang sama yang kurang erat dan kurang seimbang hubungannya, pembentukan bagian dari sub-genus, spesies-spesies dari genus lain yang kurang erat hubungannya, dan genus-genus yang tingkat hubungannya berbeda-beda, pembentukan sub keluarga, keluarga, golongan, sub kelas dan kelas.
            Darwin mempercayai kiasan ini bahwa ranting-ranting hijau yang sedang semi bias menunjukkan keberadaan spesies. Selama bertahun-tahun sebelumnya, ranting-ranting yang dihasilkan ini bias menunjukkan adanya suksesi panjang dari spesies-spesies yang sudah tidak ada. Pada setiap periode pertumbuhan, semua dahan yang sedang tumbuh telah berusaha bercabang kesana kemari dan mencoba menutupi serta mematikan dahan-dahan disekelilingnya dengan cara yang sama seperti spesies dan kelompok spesies yang sepanjang waktu telah menguasai spesies-spesies lainnya di dalam perjuangan keras untuk hidup. Dan lewat beberapa generasi, Darwin percaya  ini, bahwa hal ini terjadi seperti pohon kehidupan yang memenuhi lapisan bumi dengan ranting-ranting yang telah mati dan patah dan menutupi permukaan dengan percabangan-percabangan yang indah dan terus beranting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar