Translate

Senin, 28 Mei 2012

OBJEK WISATA: Medan Tawarkan Ciba Iland & Danau Siombak


Large_danau_siombak
MEDAN: Pemkot Medan menawarkan Ciba Iland dan Danau Siombak sebagai objek wisata baru untuk menarik wisatawan mancanegara masuk ke kota nomor tiga terbesar di Indonesia itu.

Wakil Wali Kota Medan Zulmi Eldin mengakui objek wisata di Medan masih minim sehingga wisatawan yang akan melihat-lihat kota Medan hanya sebentar, lalu mencari objek wisata lain.

"Untuk itu, Pemkot Medan menawarkan Danau Siombak dan Ciba Iland sebagai salah satu destinase wisata baru di Medan," ujarnya hari ini, 21 Februari 2012.

Menurutnya, Danau Siombak dan Ciba Iland merupakan objek wisata air yang menawarkan keindahan alam. Selama ini kota Medan hanya menawarkan objek wisata sejarah seperti Istana Maimoon, Masjid Raya, dan sejumlah bangunan kuno di Medan.

Setelah itu, kata dia, wisman tidak mempunyai pilihan lain untuk menelusuri kota Medan. Untuk itulah, paparnya, ditawarkan Danau Siombak dan Ciba Iland. Setelah itu, wisman bisa menjelajahi objek wisata di luar kota seperti Parapat dan Danau Toba, Langkat dengan objek wisata Tangkahan, serta Brastagi dengan keindahan alamnya.

Sejumlah praktisi dan pengamat pariwisata di Medan mengakui objek wisata yang mampu menarik wisman di kota Medan hampir tidak ada. Kalau di Thailand banyak kuil dan di Singapura banyak objek wisata buatan membuat pelancong betah berlama-lama di lokasi tersebut.

RT Manurung, praktisi pariwisata, menegaskan pemkot Medan tidak pernah serius untuk membenahi objek wisata yang mampu menarik wisman lama tinggal di Medan.

"Medan hanya mengandalkan Istana Maimoon dan Mesdjid Raya. Praktis wisman hanya tidur di Medan lalu mencari objek-objek wisata di luar kota," tuturnya.

Dia menilai Danau Siombak yang ditawarkan Pemkot Medan belum layak menjadi objek wisata karena prasarana dan sarana pendukung kurang memadai. (tw)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar